10 Tahun Laporan Mandek, Advokat Senior Berharap Kabareskrim Baru Menindaklanjuti

banner 160x600
banner 468x60

Kuasa Hukum Penggugat Maria Magdalena, Alexius Tantrajaya, SH, MH dan Rene Putra Tantrajaya, SH, LLM

Kuasa Hukum Penggugat Maria Magdalena, Alexius Tantrajaya, SH, MH dan Rene Putra Tantrajaya, SH, LLM

Jakarta, Sudut Pandang-Kuasa Hukum Maria Magdalena Andriati Hartono melayangkan surat permohonan perlindungan hukum kepada Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto terkait laporan hukum kliennya. Inti dari surat dengan No:026/MPH-Pid/ATR/IX/2018 tertanggal  3 September 2018 itu, agar Kabareskrim segera menindaklanjuti laporan kliennya yang mengendap selama 10 tahun. Advokat senior itu berharap ada secercah harapan dari Kabareskrim yang baru dilantik pada (17/8/2018) tersebut.

“Melalui surat kepada Kabareskrim Polri yang baru Bapak Komjen Arief Sulistyanto, kami mohon segera untuk melimpahkan berkas pidana LP.No. LP/449/K/VIII/Siaga III  tanggal 08 Agustus 2008 ke tingkat penuntutan untuk disidang agar diperoleh kepastian hukum dan keadilan,” kata Alexius Tantarjaya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, belum lama ini.

Terkait gugatannya terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada persidangan Alexius Tantrajaya memohon agar majelis hakim memutuskan agar presiden supaya memerintahkan Kapolri melimpahkan berkas pidana laporan kliennya ke pengadilan.

“Selama sidang  gugatan ini berjalan,  mulai bulan Maret 2018 lalu, ternyata pokok perkara Laporan Polisi kami,  sampai hari ini   belum ada perubahan status. Masih mandek di Mabes Polri.  Padahal Polisi telah mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada pihak Kejaksaan,” ungkapnya.

“Untuk itu kami mohon kepada majelis hakim agar melakukan tindakan provisional terhadap pokok perkara yang kami gugat, dengan memerintahkan kepada Presiden RI agar memerintahkan Kapolri untuk menyelesaikan Laporan Polisi No: LP/448/VIII/Siaga-III tanggal 08 Agustus 2008 yang kami gugat"  tambah Alexius.

Menurut Alexius, gugatan terhadap Presiden sangat sederhana, semua tergantung keberanian majelis hakim untuk mengabulkan gugatan, agar Presiden memerintahkan Kapolri untuk menyelesaikan penyidikan Laporan Polisi kliennya yang selama 10 tahun lebih mandek di kepolisian.

Dalam gugatan ini, Alexius Tantarajaya melayangkan gugatan terhadap Presiden RI, DPR-RI, Komnas HAM, Kompolnas, Kapolri sebagai Tergugat dan Kejaksaan Agung RI selaku Turut Tergugat. Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "10 Tahun Laporan Mandek, Advokat Senior Berharap Kabareskrim Baru Menindaklanjuti"