10 Tahun Lebih Berjuang, Laporan Polisi Ternyata Sudah SP3

banner 160x600
banner 468x60
Alexius Tantrajaya, SH, M.Hum

Alexius Tantrajaya, SH, M.Hum

Jakarta, Sudut Pandang-Kabar mengejutkan terungkap dalam persidangan gugatan Advokat senior terhadap Presiden RI dan 9 lembaga negara yang bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).

Dalam persidangan dengan agenda mediasi tersebut, diketahui ternyata pihak Mabes Polri telah mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) atas laporan polisi No: LP/449/VIII/Siaga-III/2008 tanggal 8 Agustus 2008.

Hal ini terungkap saat kuasa hukum dari Kepolisian, salah satu pihak tergugat menyatakan telah mengeluarkan SP3 saat menjawab pertanyaan hakim mediator Dul Husen, SH. "Sudah tertutup Pak Hakim, karena kami telah mengeluarkan SP-3," ujar kuasa hukum Mabes Polri.

Alexius pun langsung terkejut atas pernyataan kuasa dari pihak kepolisian itu. Ia langsung menanyakan kapan SP3 tersebut diterbitkan.

"10 tahun lebih kami berjuang untuk memperoleh keadilan atas perkara ini, kalau memang laporan Ny. Maria sudah di SP-3, kapan, tanggal, bulan dan tahun berapa? Tahun 2010 atau tahun 2011,?” tanya Alexius dengan nada kecewa.

“Tidak tahun 2010 atau tahun 2011, tapi sekitar dua minggu lalu, bulan Juni 2019,” jawab kuasa hukum pihak kepolisian.

Pada kesempatan itu, Alexius Tantrajaya sebagai kuasa hukum pelapor meminta kepada para tergugat untuk membayar ganti rugi semua pengeluaran dan honor yang harus diterimanya dari klienya Maria sejak tahun 2008, yang diperkirakan sekitar Rp 1,1 milyar seperti dalam petitum gugatan.

Dengan pernyataan adanya SP-3 tersebut, maka mediasi sudah dianggap tertutup. Hakim mediasi pun menunda sidang pekan depan untuk memberikan kesempatan kepada kuasa para tergugat menyampaikan tanggapannya atas hasil persidangan mediasi.

"Selama ini kami berjuang untuk memperoleh keadilan atas laporan polisi sejak tahun 2008, ternyata perkaranya sudah di SP3 oleh Mabes Polri sekitar 2 minggu lalu menurut keterangan kuasa tergugat dari Kepolisian, ini jelas sangat mengecewakan kami, dugaan-dugaan kami bahwa pihak kepolisian tidak serius menangani perkara ini terbukti dengan terbitnya SP3, kami sangat kecewa, namun kami akan terus berjuang untuk memperoleh keadilan sampai kapan pun," papar Alexius kepada wartawan.Red/Sp 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "10 Tahun Lebih Berjuang, Laporan Polisi Ternyata Sudah SP3"