Tidak Tanggap Sikapi Gugatan, OC Kaligis Sesalkan Sikap Anies

banner 160x600
banner 468x60

Gugatan OCK

Jakarta, Sudut Pandang-Pengacara senior OC Kaligis menyesalkan sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak tanggap dalam menyikapi gugatannya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

“Gugatan yang saya layangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini adalah pesan untuk menjadikan Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies Baswedan agar lebih baik, khususnya menjadikan pemerintahan yang bersih,” ujar OC Kaligis kepada wartawan usai sidang mediasi di PN Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Kemudian, lanjutnya, deponeering yang dilakukan Kejagung atas perkara dugaan tindak pidana BW juga tidak sesuai prosedur. Deponering BW cacat hukum sehingga harus diteruskan penuntutannya ke pengadilan dan tidak sesuai dengan Putusan MK No,29.PUU-XIV/2016.

"Karena Kejaksaan Agung tidak konsultasi dengan DPR, Mahkamah Agung dan Kapolri, dalam kasus ini kepentingan umum mana yang diabaikan apabila perkara pidananya diajukan ke pengadilan? Kapan Jaksa Agung berkonsultasi dengan Mahkamah Agung dan Kapolri?, terlebih perkaranya telah dinyatakan P-21” ungkapnya.

Menurut OC Kaligis, sudah semestinya Anies Baswedan memberhentikan BW sebagai Ketua KPK DKI. Hal yang sama dilakukan oleh Presiden Jokowi yang langsung memberhentikan sementara dua pimpinan KPK), Abraham Samad dan BW saat terjerat masalah hukum.

"Ini kok malah mengangkat BW sebagai Ketua KPK DKI yang merupakan bagian dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan, jelas tidak sejalan dengan UU No.28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN," katanya.

Dalam sidang mediasi dengan hakim Made Sukereni, pihak tergugat melalui kuasanya meminta waktu satu minggu untuk mempelajari petitum proposal yang diajukan pihak penggugat.Red/SP

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Tidak Tanggap Sikapi Gugatan, OC Kaligis Sesalkan Sikap Anies"