Mediasi Gagal, Sidang Gugatan OC Kaligis ke Gubernur DKI Dilanjutkan

banner 160x600
banner 468x60
Prof OC Kaligis

Prof OC Kaligis saat sidang gugatan di PN Jakarta Pusat/Foto:Ist

Jakarta, Sudut Pandang-Proses mediasi antara Prof. OC Kaligis selaku penggugat dengan pihak tergugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mengalami titik temu. Perkara gugatan dengan Nomor: 397/PDT.gbth.plw/2019/pn.jKT.Pst ini pun kembali dilanjutkan untuk pemeriksaan pokok perkara.

Saat awal persidangan, Hakim Mediator Made Sukareni, SH, MH, ingin mendengarkan tanggapan dari Gubernur DKI Jakarta dari kuasa hukumnya, Toriq, SH. Namun, Toriq mengatakan bahwa Anies Baswedan belum memberikan tanggapan atas gugatan yang dilayangkan OC Kaligis. Ia pun mengaku belum bisa menanggapi terkait perdamaian tersebut.

“Saya mengingatkan bahwa waktu sidang mediasi telah habis. Saya menyarankan supaya perdamaian itu tetap diupayakan para pihak selagi persidangan perdata berjalan,” saran Made Sakreni.

Berdasarkan ketentuan hukum, masa mediasi dibatasi sampai 40 hari. Jika tidak terjadi kesepakatan damai kedua belah pihak, maka sidang dilanjutkan untuk memeriksa pokok perkara dalam sidang perdata," ujar Hakim Mediator Made Sukareni di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Hakim asal Bali ini pun meminta maaf karena tidak dapat mendamaikan kedua belah pihak dalam perkara gugatan tersebut.

“Saya minta maaf Pak, karena gagal mendamaikan penggugat dan tergugat,” sambung Made Sukereni, SH, MH

Mendengar ucapan Hakim mediator itu, OC Kaligis menjawabnya dengan tenang. "Tidak apa-apa Bu Hakim, enggak usah minta maaf," ucap OC Kaligis sembari tersenyum.

Prof OC Kaligis

Prof OC Kaligis dan partners saat sidang gugatan di PN Jakarta Pusat/Foto: Ist

Usai sidang mediasi, pihak penggugat dan kuasa tergugat langsung menghadap Majelis Hakim pimpinan Rosmina, SH, MH dan menyampaikan bahwa hasil sidang mediasi gagal mencapai kesepakatan.

Setelah itu Majelis Hakim menyatakan melanjutkan persidangan pemeriksan pokok perkara, selanjutnya menanyakan kepada Penggugat apakah mau membacakan gugatannya dalam sidang atau dianggap dibacakan. Menjawab itu, OC Kaligis mengatakan dianggap sudah dibacakan dalam sidang. Sementara, kuasa tergugat menyatakan akan menjawab gugatan penggugat dua pekan mendatang.

Dalam gugatan ini, OC Kaligis menggugat Anies Baswedan terkait pengangkatan Bambang Widjojanto (BW) sebagai Ketua Komite Pencegahan Korupsi DKI Jakarta. Ia menilai pengangkatan BW itu, merupakan perbuatan melawan hukum. Orang nomor satu di DKI Jakarta ini pun digugat di Pengadilan Jakarta Pusat.

Dalam gugatannya, OC Kaligis memaparkan dasar gugatan terhadap Anies Baswedan. Ia menilai BW memiliki rekam jejak yang negatif. Sehingga menurutnya, penunjukkan mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, sebagai bagian dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI tidak tepat dan melanggar aturan hukum.Red/Sp

 

 

 

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Mediasi Gagal, Sidang Gugatan OC Kaligis ke Gubernur DKI Dilanjutkan"