OC Kaligis Apresiasi Putusan Bebas Sofyan Basir

banner 160x600
banner 468x60
OCK

Prof OC Kaligis

Jakarta, Sudut Pandang-Pengacara senior Prof OC Kaligis mengapresiasi bebasnya eks Dirut PLN Sofyan Basir yang dinyatakan tidak terbukti dalam perkara suap PLTU Riau-1. Vonis tersebut menurut OC Kaligis telah menunjukan bahwa tuntutan Jaksa KPK berguguran.

"Selamat Pak Sofyan Basir, perjuangan Bapak bersama para kuasa hukum memperoleh keadilan telah membuahkan hasil, melalui vonis ini juga membantah persepsi keliru bahwa seorang terdakwa KPK sudah otomatis terbukti bersalah," ujar OC Kaligis dalam keterangan pers nya yang diterima wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Ia juga mengapresiasi sikap Majelis Hakim yang menyidangkan perkara Sofyan Basir. Majelis Hakim berani memutus perkara yang ditangani KPK yang selama ini putusannya harus terbukti meski bertolak belakang dengan fakta persidangan. "Memang seharusnya berani keluar dari stigma atau persepsi yang sudah terbangun sedemikian rupa bahwa seorang terdakwa KPK harus selalu salah," kata OC Kaligis.

Menurut OC Kaligis, dalam perkara Sofyan Basir sebelum dijadikan tersangka telah dibangun skenario kreatifitas luar biasa mengenai pertemuan-pertemuan dengan Kotjo. Pertemuan tersebut ditafsirkan sinonim dengan "Perbantun" dengan para mitra usaha. Semua pertemuan, perjanjian bisnis, MoU dan hal lain yang berhubungan dengan bisnis diterjemahkan sebagai permufakatan jahat.

"Sofyan Basir tidak terbukti berniat membantu membantu pemberian suap kepada Kotjo, Eni yang anggota DPR dan Idrus Marham, bahkan tidak tahu menahu adanya fee tersebut. Tidak ada satu sen pun uang suap yang disita dari Sofyan Basir. KPK gagal membuktikan perbantuan suap yang didakwakan," ungkapnya.

Ia mengatakan, jika semua bisnis dengan BUMN didasarkan adanya perjanjian dagang atau perjanjian bisnis diterjemahkan oleh KPK sebagai korupsi, maka tidak akan ada seorang investor pun sesuai Undang-undang penanaman modak berani investasi di Indonesia. "Inilah sebab utama mengapa banyak investor takut melakukan usaha dengan BUMN. Akibatnya investasi, ekonomi terpuruk, investor asing pun mencari tempat yang aman seperti Vietnam, Thailand dan negara lain," ucapnya.

Masih menurut OC Kaligis, dalam persidangan memang tidak ada saksi yang memberatkan Sofyan Basir sehingga Majelis Hakim berani memutus bebas.

"Sebagai Advokat saya mengenal Sofyan Basir yang pernah memakai jasa kepengacaraan saya, mulai saat memimpin Bukopin, BRI, sampai pada saat saya direkayasa ditangkap KPK. Saat Pak Sofyan Basir menjabat sebagai Dirut PLN, saya masih sempat membahas tanah-tanah PLN yang dirampas swasta. Cara kerja Pak Sofyan sangat profesional dan dalam masalah hukum selalu didampingi staff ahli hukum internal," ungkapnya.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat Pak Sofyan Basir, jangan pernah berhenti berjuang sebagai pimpinan BUMN melawan ketidakadilan, itu pun jika masih bersedia menjadi pimpinan profesional yang berkwalitas memimpin perusahaan BUMN," pungkasnya.

 

Sofyan Basir

Sofyan Basir memeluk kerabatnya usai divonis bebas di Pengadilan Tipikor Jakarta

Dalam putusannya, Majelis Hakim menyatakan bahwa Sofyan tidak terbukti memenuhi unsur perbantuan memberi kesempatan, sarana, dan keterangan kepada mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pengusaha Johannes Budisutrisno Kotjo dalam mendapatkan keinginan mereka mempercepat proses kesepakatan proyek Independent Power Producer (IPP) PLTU Riau 1. Majelis juga berpendapat Sofyan sama sekali tidak mengetahui adanya rencana pembagian fee yang dilakukan oleh Kotjo terhadap Eni dan pihak lain.

"Mengadili, satu, menyatakan terdakwa Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana di dakwaan penuntut umum dalam dakwaan pertama dan kedua," kata ketua majelis hakim Hariono saat membaca amar putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/11/2019).

Vonis itu pun langsung disambut tepuk tangan dan ucapan syukur dari keluarga Sofyan Basir. Ruang sidang pengadilan memang dipenuhi oleh keluarga hingga kerabat Sofyan Basir. Beberapa orang di antaranya terlihat menangis haru atas vonis tersebut. Usai sidang, Sofyan juga terlihat memeluk sanak keluarga dan sejumlah orang lainnya.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "OC Kaligis Apresiasi Putusan Bebas Sofyan Basir"