OC Kaligis Berharap Keadilan MA di PK Kedua

No comment 281 views
banner 160x600
banner 468x60
OCK

Prof. OC Kaligis saat menandatangi berkas dalam persidangan terakhir permohonan PK ke-2 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Jakarta, Sudut Pandang-Di akhir persidangan permohonan peninjauan kembali (PK) ke-2 yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019), Prof. Otto Cornelis (OC) Kaligis kembali berharap mendapatkan keadilan.

"Semoga permohonan PK ke-2 saya dapat dikabulkan oleh Mahkamah Agung, sekali lagi saya tegaskan bahwa melalui PK ini, saya berjuang untuk keadilan atas disparitas hukuman yang sama sekali tidak mencerminkan rasa keadilan,” ujar Advokat senior itu.

Menurut OC Kaligis, hukuman terhadap dirinya terlihat diskriminatif jika dibandingkan dengan M.Yagari Bhastara Guntur alias Gerry, dan lainnya dalam perkara yang sama.

“Saya juga bukan pencuri uang negara, wajar jika saya merasa diperlakukan tidak adil atas disparitas hukuman yang dijatuhkan kepada saya dalam perkara ini, dari segi peran dan kenyataannya pun sudah berbeda,” tegasnya.

“Yang di OTT Gerry, uang juga disita dari Gerry, yang digelar perkara juga Gerry, kemudian aktor intelektual uang THR adalah Panitera Syamsir Yusfan, kenapa hukuman saya bisa lebih tinggi sampai 10 tahun sementara Gerry hanya 2 tahun, dan jaksa tidak kasasi,?” ungkap OC Kaligis heran.

Sementara itu, Majelis Hakim pimpinan Fahzal Hendri dalam persidangan mengatakan persidangan PK ke-2 yang diajukan OC Kaligis telah berakhir. Pemohon PK dan Jaksa KPK telah sama-sama menandatangani berkas hasil persidangan.

“Berkas akan kami kirim ke Mahkamah Agung secepatnya untuk segera diproses, ” ujar Majelis Hakim sebelum menutup persidangan.

Dalam perkara ini, OC Kaligis sebelumnya divonis 10 tahun penjara oleh MA. Ia dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a UU No.31 sebagaimana diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP. Hukumannya menjadi 7 tahun penjara setelah MA mengabulkan upaya hukum PK pertama.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "OC Kaligis Berharap Keadilan MA di PK Kedua"