Otto Hasibuan: “Peradi Pimpinan Fauzie Yusuf Hasibuan Sah Menurut Hukum”

banner 160x600
banner 468x60
Prof. Dr Otto Hasibuan, SH, MH

Prof. Dr Otto Hasibuan, SH, MH saat menjadi saksi dalam sidang gugatan Peradi pimpinan Fauzie Yusuf Hasibuan vs Peradi Luhut MP Pangaribuan

Jakarta, Sudut Pandang-Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH, MH menegaskan bahwa Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) sah menurut hukum adalah organisasi yang saat ini dipimpin oleh Dr. H. Fauzie Yusuf Hasibuan, SH, MH dengan Sekjen Thomas E. Tampubolon, SH, MH.

“Peradi pimpinan Pak Fauzie Yusuf Hasibuan berdasarkan hasil Munas di Pekanbaru Riau pada tanggal 12-14 Juni 2015, sebagai tindaklanjut dari Munas Peradi Makassar tanggal 26 - 28 Maret 2015 yang gagal saat pemilihan ketua,” ujar Otto Hasibuan dalam keterangannya sebagai saksi perkara gugatan Peradi pimpinan Fauzie Hasibuan melawan Peradi Luhut MP Pangaribuan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (18/2/2019).

Menurut Avokat senior itu, Peradi terbentuk sebagai wadah tunggal Organisasi Advokat berdasarkan UU Advokat No.18 Tahun 2003. Berdasarkan ketentuan tersebut, 8 Organisasi Advokat yang ada saat itu, membentuk wadah tunggal bernama Peradi. 8 Organisasi Advokat itu adalah IKADIN, AAI, HAPI, IPHI, SPI, AKHI, HKHPM dan APSI.

“Setelah melalui proses yang panjang, 8 Organisasi Advokat sepakat membentuk wadah tunggal bernama Peradi, dalam perjalannya diwarnai berbagai dinamika yang puncaknya terjadi saat Munas Peradi Makassar, namun Peradi tetap bertahan hingga saat ini dibawah pimpinan Pak Fauzie Yusuf Hasibuan berdasarkan Munas Pekanbaru yang telah sesuai dengan AD/ART Peradi,” papar mantan Ketua DPN Peradi itu.

Otto menegaskan, berdasarkan ketentuan AD/ART Peradi pemilihan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) dilakukan secara perwakilan yang dikirim oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Setiap 30 orang diwakili oleh 1 utusan cabang. dan jika dalam satu cabang memiliki 90 anggota, maka dapat mengirimkan wakilnya 3 orang.

Kuasa Hukum DPN Peradi Pimpinan Fauzie Yuduf Hasibuan

Sapriyanto Reva, SH, MH, salah satu Tim Kuasa Hukum DPN Peradi Pimpinan Fauzie Yusuf Hasibuan

“Jadi, aneh saja jika ada pihak yang mengklaim sebagai Ketua Umum DPN Peradi saat Munas, dan pasca Munas Peradi Kota Makassar, mari kita baca kembali dengan eksama AD/ART Peradi yang sudah kita sepakati,” ungkap Otto di hadapan majelis hakim pimpinan Sunarso, SH.

Pada kesempatan itu, Otto mengaku prihatin dengan perpecahan di tubuh Peradi yang merupakan wadah tunggal perjuangan para advokat berdasarkan UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat. "Jadi, jika sampai ada orang mengaku-ngaku sebagai Ketua Umum Peradi yang baru dan sah, saya kira wajar digugat," tegasnya.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Otto Hasibuan: “Peradi Pimpinan Fauzie Yusuf Hasibuan Sah Menurut Hukum”"