Sidang Mediasi Terakhir, OC Kaligis Kembali Ingatkan Anies untuk Berhentikan BW

banner 160x600
banner 468x60
Gugatan OCK

Gugatan OCK

Jakarta, Sudut Pandang-Sidang gugatan Advokat senior Prof Otto Cornelis Kaligis terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2019), memasuki agenda mediasi terakhir. Dikarenakan tidak terjadi perdamaian antara pihak penggugat dengan tergugat dalam sidang yang dipimpin hakim mediasi Made Sukereni, sidang berikutnya akan dilanjutkan pemeriksaan pokok perkara.

"Gubernur DKI sepertinya kesulitan untuk menjawab gugatan saya. Saya mau lihat tertulisnya dari Gubernur, ia mau menyelesaikan secara mediasi atau terus lanjut. Saya sebagai penggugat kembali mengingatkan agar Gubernur Anies Baswedan untuk segera memberhentikan BW sebagai Ketua Komisi Pencegahan Korupsi DKI Jakarta," ujar pria yang biasa dipanggil OC Kaligis kepada wartawan.

Ia kembali mengungkapkan sejumlah alasan dirinya menggugat Anies Baswedan terkait pengangkatan Bambang Widjojanto (BW) sebagai Ketua KPK DKI Jakarta. “Pada saat BW terjerat tindak pidana dan diberhentikan dari KPK, otomatis tidak mendapatkan gaji, ia menggugat ke MK juga kalah," ungkap OC Kaligis.

Namun, kata OC Kaligis, saat ini malah diangkat sebagai Ketua KPK DKI yang merupakan bagian Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). "BW digaji sekitar Rp 41,22 juta setiap bulannya dari APBD DKI, sementara orang yang didalam itu kasihan, yang di bagian hukum itu paling-paling gaji pokoknya Rp 5 jutaan," ungkap OC Kaligis.

Sesuai yang dikemukakan dalam gugatannya, menurut OC Kaligis, Anies telah melakukan kesalahan besar mengangkat BW sebagai bagian TGUPP DKI Jakarta. Tergugat telah menutup mata atas fakta dan rekam jejak BW selama ini. Deponering yang dilakukan Kejagung atas perkara dugaan tindak pidana BW tidak sesuai prosedur.

"Deponering BW cacat hukum sehingga harus diteruskan penuntutannya ke pengadilan dan tidak sesuai dengan Putusan MK No,29.PUU-XIV/2016,". Kejaksaan Agung tidak konsultasi dengan DPR, Mahkamah Agung dan Kapolri," tegasnya.

Menurut OC Kaligis, sudah semestinya Anies Baswedan memberhentikan BW sebagai Ketua KPK DKI. Hal yang sama dilakukan oleh Presiden Jokowi yang langsung memberhentikan sementara dua pimpinan KPK), Abraham Samad dan BW saat terjerat masalah hukum.Red/Sp

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sidang Mediasi Terakhir, OC Kaligis Kembali Ingatkan Anies untuk Berhentikan BW"