Menikmati Gamelan Jawa Korps Adhyaksa

No comment 128 views
banner 160x600
banner 468x60
Jaksa Agung H.M Prasetyo

Jaksa Agung H.M Prasetyo menikmati pertunjukan seni gamelan Jawa di Kejagung Jakarta, Jum'at (4/5/2019).

Jakarta, Sudut Pandang-Ada pemandangan yang berbeda di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI Jakarta, Jum’at (3/5/2019). Jika selama ini, para Jaksa dalam persidangan terdengar lantang membacakan surat dakwaan atau tuntutan hukum, dan berjibaku dengan tumpukan berkas perkara. Hal berbeda ini terlihat saat para Korps Adhyaksa itu, memainkan alat musik tradisional gamelan Jawa.

Sisi lain para Jaksa Kejagung ini menjadi menarik. Mereka ternyata begitu piawai memainkan alat musik gamelan. Alunan gamelan layaknya acara mantenan adat Jawa begitu terasa mendamaikan telinga.

“Ayo..ayo, silahkan duduk, kita nikmati bersama kesenian gamelan Jawa ini, kita lepaskan penat bersama dari kesibukan kita,” ajak Jaksa Agung H.M Prasetyo kepada wartawan, usai sholat Jum’at di Kejagung Jakarta Selatan.

Menurut Prasetyo, selain sebagai relaksasi, pertunjukan gamelan khas Jawa Tengah itu juga untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Tampak hadir Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Mukri, Jaksa Agung Muda Intelejen (JAMintel) Jan S. Maringka, Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDatun) Loeke Larasati Agustiawan, Kepala Biro Umum (Karo Umum) Tedjo Lekmono, dan Kepala Biro Kepegawaian (Karopeg), Masyhudi dan para pejabat Kejagung lainnya.

“Kegiatan ini dalam rangka melestarikan budaya gamelan, juga bisa diartikan begitu luas dengan berlatang belakang kisah kerajaan, dongeng, babad, legenda, sejarah, dan cerita rakyat, ini juga menampilkan sisi lain para Jaksa yang juga piawai memainkan alat musik tradisional gamelan Jawa,” ujar Kapuspenkum Mukri.

Nominasi Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Gamelan Jawa

Gamelan Jawa

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Tim Penilai Warisan Budaya Takbenda Indonesia telah menetapkan gamelan untuk diajukan sebagai nominasi warisan budaya takbenda Indonesia ke UNESCO.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta dukungannya terhadap seluruh komunitas gamelan agar penyusunan naskah nominasi berjalan lancar dan diterima badan PBB untuk pendidikan dan kebudayaan tersebut, masuk sebagai nominasi dalam daftar warisan budaya tak benda untuk kemanusiaan dan Indonesia.

“Tentu saja saya, Indonesia membutuhkan dukungan para pegiat gamelan di mancanegara agar sukses dalam kita mengusulkan gamelan sebagai warisan takbenda dari Indonesia,”kata Muhadjir dalam pembukaan gelaran International Gamelan Festival (IGF) 2018 di Benteng Vastenburg Jalan Jenderal Sudirman, Solo, Jawa Tengah.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Menikmati Gamelan Jawa Korps Adhyaksa"