Survei Kepuasan Jadi Bahan Evaluasi Tingkatkan Kinerja MTI

banner 160x600
banner 468x60
Pembahasan hasil survei kepuasan pekerja, pelanggan dan vendor PT MTI tahun 2018/Foto: Ist

Pembahasan hasil survei kepuasan pekerja, pelanggan dan vendor PT MTI tahun 2018/Foto: Ist

Jakarta, Sudut Pandang- PT Multi Terminal Indonesia (MTI) melakukan survei kepuasan pekerja, pelanggan dan vendor tahun 2018. Hasil survei tersebut menjadi bahan evaluasi manajemen PT MTI terhadap perbaikan hubungan peningkatan layanan dengan pekerja, pelanggan dan vendor terhadap anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II tersebut.

Hadir Direktur Keuangan dan SDM Miftahul Huda, Direktur Operasi Suparjo, Para Senior Vice President dan General Manager PT MTI dan dari pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DKI Jakarta sebagai narasumber.

Berbeda dengan pelaksanaan survei kepuasan pelanggan tahun 2017 lalu, tahun ini mengalami penambahan penilaian yaitu dengan mengukur index kepuasan pelanggan Unit Pengusahaan Alat (UPA) dan Unit Transportasi Multi Cargo (UTMK).

“Ada penambahan penilaian pada survey kepuasan pelanggan pada tahun 2018, sehingga melengkapi penilaian survei kepusaan pelanggan gudang dan lapangan serta freight forwading yang merupakan bisnis inti perusahaan,” jelas Direktur Keuangan dan SDM Miftahul Huda di Gedung 3 lantai 2 PT MTI Tanjung Priok Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Miftahul Huda mengatakan, hasil survei merupakan point penting sebagai raport perusahaan dalam melayani pekerja, pelanggan dan vendor untuk bahan evaluasi menjadi lebih baik lagi.

“Akan kami perbaiki mana yang menjadi masukan dan saran bagi manajemen agar tahun depan pelayanan menjadi lebih baik lagi. Resisten terhadap layanan pelanggan apa yang menjadi komplain harus segera di respon dengan baik" ujarnya.

Direktur Operasi MTI Suparjo menambahkan, terkait operasional pihaknya akan terus mengoptimalkan fasilitas dan alat untuk mendukung pelayanan pelanggan. Keluhan pelanggan sekecil apapun akan ditanggapi, perlu kesadaran ilmu dalam memperbaiki pelayanan. Sehingga fasilitas dan alat yang ada bisa optimal.

"Kami akan fokus kepada layanan kinerja dan optimalisasi asset dan fasilitas yang dimiliki, sehingga SDM yang dimiliki bisa lebih optimal"  kata Suparjo.

Sementara itu, Fatmi selaku Ketua Tim BPKP DKI Jakarta mengatakan, berdasarkan survei tersebut perusahaan akan mudah mengetahui tingkat maupun ukuran atas pelayanan yang diberikan dan sebagai salah satu Key Performance Indicator (KPI) dalam kontrak manajemen MTI. "Untuk mengukur indeks kepuasan serta mendapatkan masukan mengenai needs and wants sebagai bahan dalam menyusun langkah-langkah perbaikan. Selain itu, sebagai bagian upaya MTI dalam meningkatkan kinerja pelayanan dan pada akhirnya meningkatkan kinerja keuangan perusahaan,” papar Fatmi.

Hasil survei pada tahun 2018, secara keseluruhan menunjukkan predikat puas terhadap PT. MTI. Kepuasan pekerja 3,36 dengan predikat cukup puas, survei kepuasan pelanggan gudang dan lapangan 3,75 predikat puas, survei kepuasan pelanggan freight forwading 3,98 predikat puas, survei kepuasan pelanggan unit pengusahaan 3,28 predikat cukup puas, survei kepuasan pelanggan transportasi dan multi cargo 3,85 predikat puas, survei kepuasan vendor lelang 4,14 predikat sangat puas, dan survei kepuasan vendor non lelang 3,87 dengan predikat puas.Red/Pah 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Survei Kepuasan Jadi Bahan Evaluasi Tingkatkan Kinerja MTI"