Datangi Kemenko PMK, Eks Pengungsi Maluku Minta Pemerintah Jalankan Putusan MA

banner 160x600
banner 468x60
Maluku

LBH Kepton, Tim Kuasa Hukum eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara saat mendatangi Kantor Kemenko PMK Jakarta Rabu, (28/8/2019)/Foto: Ist 

Jakarta, Sudut Pandang-Eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara didampingi Lembaga Bantuan Hukum Kepulauan Buton (LBH Kepton) mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Kedatangan mereka untuk meminta segera Presiden RI, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Sosial melakukan pembayaran ganti rugi kepada eks para pengungsi Maluku dan Maluku Utara sebesar Rp 3,9 Triliun.

“Kewajiban pembayaran ganti rugi kepada para eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara ini berdasarkan putusan No.451/PK/PDT/2019, dimana putusannya Permohonan Kasasi (PK) Pemerintah RI ditolak oleh Mahkamah Agung,” ujar Direktur LBH Kepton, Laode Zulfikar Nur, SH, MH kepada wartawan.

Menurut Zulfikar Nur, Pemerintah Cq Presiden RI dan 7 Kementerian serta 3 Gubernur diwajibkan membayar ganti rugi materiil sebesar Rp 18.500.000 per Kepala Keluarga kepada 213.217 KK yang tersebar di Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara.

“Kami meminta kepada para tergugat, di antaranya Presiden RI, Menko PMK dan Menteri Sosial untuk menjalankan putusan setelah menerima amar putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” tegasnya.

“Kami dari LBH Kepton akan terus berjuang untuk para eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara, terlebih saat ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap, kami harap para tergugat mematuhi dan menjalankan putusan hukum ini,” sambung Zulfikar Nur.

Mansyur, eks pengungsi mengaku bersyukur perjuangan panjangnya telah membuahkan hasil melalui putusan PK MA. Alhamdulilah dalam putusan PK MA kita menang, ini suatu rahmat bagi kami meski perjuangan kami tertatih-tatih, kami himbau agar eks pengungsi mendaftarkan diri ke LBH Kepton,”ungkapnya.Red/Um

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Datangi Kemenko PMK, Eks Pengungsi Maluku Minta Pemerintah Jalankan Putusan MA"