Kaspudin Nor: “Dewan Pengawas Jadi Penentu Nasib KPK”

banner 160x600
banner 468x60
Kaspudin Nor

Kaspudin Nor

Jakarta, Sudut Pandang- Kaspudin Nor, mantan Komisioner Komisi Kejaksaan RI yang juga Anggota Komisi Pengawas Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Pusat berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) selektif dalam memilih anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya dan tentunya kita semua berharap Presiden Jokowi dalam memilih anggota Dewan Pengawas KPK jangan asal pilih, karena justru itu akan melemahkan KPK, sehingga kuat atau lemahnya KPK tergantung dengan Dewan Pengawas yang akan terpilih, nasib Dewan Pengawas jadi penentu nasib KPK kedepan, " ujar Kaspudin kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Advokat senior itu mengaku sependapat dibentuk Dewan Pengawas pada lembaga anti rasuah. Hal ini berdasarkan pasal 69 A UU Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua UU No 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Masyarakat sebaiknya tidak apriori dengan berpikiran bahwa Dewan Pengawas KPK hanya dewan yang basa-basi, oleh karena itu Dewan Pengawas KPK juga harus bisa membantu KPK agar tetap berintegritas penuh. Integritas dalam pengertian bekerja sebagaimana latar historis pembentukannya dan ekspektasi publik yang sesungguhnya masih amat tinggi," tutur Anggota Komisi Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

Ia mengatakan KPK memang harus bermitra dengan semua lembaga penegakan hukum. Tapi Dewan Pengawas juga nantinya harus terus menerus mengingatkan KPK agar tidak tunduk apalagi kalah pada siapa pun yang ingin melemahkan institusi ini.

"Dewan Pengawas KPK harus menjadi garda terdepan untuk menjaga pihak-pihak yang ingin melemahkan KPK, baik pelemahan dari luar maupun dari dalam tubuh KPK sendiri," kata Kaspudin Nor.

Masih menurut Kaspudin, para komisioner KPK tidak boleh membawa-bawa keberpihakan pada institusi dari mana mereka berasal. Publik tidak melihat asal mereka. Sehingga publik dapat menakar seberapa jauh mereka menjaga marwah KPK.

"Karena itu, jika KPK malah melemah dan terus melemah, Dewan Pengawas bisa saja mengeluarkan rekomendasi agar lembaga antirasuah ini dibubarkan" tandasnya penuh semangat.

Jadi, tegasnya, Dewan Pengawas, dengan segala pengetahuan dan kebijaksanaan yang dimiliki, justru menguatkan KPK. "Nah, Presiden sepatutnya punya pemikiran demikian sebelum menunjuk orang-orang yang akan masuk ke dalam Dewan Pengawas," sambungnya.

Ia menuturkan, Presiden tentu mengetahui bagaimana tingginya skeptisisme publik terhadap komitmen Pemerintah, bahkan dalam memberantas korupsi, skeptisisme itu terasa sangat luar biasa.

"Andai Presiden Jokowi menunjuk anggota Dewan Pengawas sebagaimana saya utarakan barusan, itu akan sedikit banyak bisa memulihkan kepercayaan khalayak akan keseriusan Jokowi. Jangan pilih orang-orang yang justru akan kian melemahkan KPK, begitu esensinya," pungkas Kaspudin.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Kaspudin Nor: “Dewan Pengawas Jadi Penentu Nasib KPK”"