Mantan Komisioner Kejaksaan Ini Dinilai Layak Jadi Dewas KPK

banner 160x600
banner 468x60
Kaspudin Nor, S.H., M.Si

Kaspudin Nor, S.H., M.Si

Jakarta, Sudut Pandang-Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan (KPK) membutuhkan sosok yang bersih, berkualitas, dan memiliki integritas. Semua kriteria itu akan menjadikan lembaga antirasuah menjadi garda terdepan dalam penanganan tindak pidana korupsi.

Salah satu sosok yang pas menjadi Dewan Pengawas KPK adalah Kaspudin Nor, S.H., M.Si. Namanya akhir-akhir ini terus digadang-gadang untuk menjadi anggota Dewan Pengawas KPK oleh sejumlah tokoh masyarakat, Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Terima kasih kepada para tokoh masyarakat, aktivis LSM maupun Ormas yang telah mendukung saya untuk mengisi Dewan Pengawas KPK, bagi saya jabatan itu amanah, berbekal pengalaman dan nawaitu pengabdian insya Allah saya siap jika Bapak Presiden Jokowi menunjuk saya sebagai Dewan Pengawas KPK,” ujar Kaspudin Nor saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut Komisioner Komisi Kejaksaan RI periode 2011-2015 ini, sudah tepat KPK memiliki Dewan Pengawas sebagai fungsi kontrol dalam menjalankan tugasnya sesuai perundangan-undangan yang berlaku.

"Pasal 69 A UU RI No.19 Tahun 2019, tentang Perubahan kedua UU No.30 Tahun 2002, tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, memerintahkan untuk pertama kali ketua dan anggota Dewan Pengawas KPK diangkat dan dilantik oleh presiden. Kemudian, Pasal 37B UU KPK telah memberi izin atau tidak terkait penyadapan, penggeledahan, dan/atau penyitaan, menyusun dan menetapkan kode etik Pimpinan dan Pegawai KPK menyelenggarakan sidang dugaan pelanggaran kode etik," papar Akademisi ini.

"Jika ada yang mengatakan KPK tidak membutuhkan Dewan Pengawas, sebaiknya kembali pelajari apa itu pengawasan, fungsi pengawasan, lembaga apapun membutuhkan pengawas, apalagi lembaga sekelas KPK, jangan negatif thinking atau berburuk sangka bahwa Dewan Pengawas untuk melemahkan KPK, " tegas Ketua Umum DPP Lembaga Aspirasi dan Analisis Strategis (Landas) Indonesiaku.

LAYAK JADI DEWAN PENGAWAS KPK

KPK

Ilustrasi KPK

Salah satu tokoh masyarakat yang mendukung Kaspudin Nor masuk sebagai Dewan Pengawas KPK menyebutkan pria asal Jakarta itu layak menduduki jabatan tersebut.

"Dewan Pengawas KPK harus diisi oleh orang-orang yang profesional dan berintegritas. Sehingga presiden juga harus benar-benar mempertimbangkan kepentingan publik orang-orang yang tidak punya masalah di publik, Pak Kaspudin Nor, sangat tepat menduduki jabatan itu," ucapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Kaspudin adalah sosok yang mumpuni dan teruji di bidang pengawasan. Salah satu buktinya, Advokat senior itu dipercaya negara menjadi pengawas eksternal kejaksaan sebagai anak kandung reformasi yaitu Komisi Kejaksaan RI.

"Pak Kaspudin Nor adalah Komisioner Komisi Kejaksaan yang dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Sangatlah beralasan Pak Kaspudin yang dekat dengan ulama dan berbagai lapisan masyarakat yang juga seorang akademisi dan advokat senior dipercaya sebagai Dewan Pengawas Advokat Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Kedua lembaga yang bergengsi di bidang penegakan hukum," ungkapnya.

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi tengah menyiapkan 5 nama calon Dewan Pengawas KPK. Dewan Pengawas KPK itu akan dilantik Desember 2019 mendatang, bersamaan dengan pelantikan Komisioner KPK.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyebutkan ada 5 nama calon Dewan Pengawas KPK telah dijaring oleh Presiden Jokowi berdasarkan masukan dari berbagai kalangan masyarakat, baik dari kalangan hukum dan non-hukum.

"Presiden Jokowi berjanji jajaran Dewan Pengawas KPK akan diisi orang-orang yang kredibel dan berkomitmen memberantas korupsi. Presiden Jokowi berharap dewan pengawas betul-betul mewakili kepentingan semua pihak," terang Fadjoel.Red/Sp

 

 

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Mantan Komisioner Kejaksaan Ini Dinilai Layak Jadi Dewas KPK"