Sambut Baik Pengumuman KPU, Paskalis A. Da Cunha: “Koruptor Tetaplah Koruptor”

banner 160x600
banner 468x60
Paskalis

Paskalis A. Da Cunha, SH

Jakarta, Sudut Pandang-Praktisi Hukum Paskalis A. Da Cunha, SH, menyambut baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah mengumumkan daftar nama Caleg mantan napi korupsi.

“Walaupun mereka telah menerima dan selesai menjalankan hukumannya dari pengadilan, namun yang namanya koruptor tetap lah koruptor, karena kita perlu maknai benar yang artinya korupsi adalah masuk kategori kejahatan luar biasa, maka perlakuannya terhadap para penjahatnya pun perlu dihukum secara luar biasa pula,” ujar Paskalis kepada Sudut Pandang di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Menurut Paskalis, mungkin selama ini banyak pengamat belum menyampaikan bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa, sehingga para penjahatnya pun perlu diperlakukan punishment yang harus luar biasa pula.

“Para pengamat masih banyak yang hanya melihat dari kacamata hukuman seperti para pelaku kejahatan pada pelanggar hukum pidana biasa saja,” kata advokat asal NTT yang berkantor di Jl.Proklamasi Jakarta Pusat itu.

“Apa yang dilakukan oleh KPU adalah salah satu model penerapan hukuman terhadap para mantan koruptor yang notabene akibat dihukum dengan UU Korupsi yang masuk kategori “kejahatan luar biasa”, sambung Paskalis.

Kendati demikian, Kuasa Hukum DPP Partai NasDem ini menyayangkan KPU yang tidak mengumumkan nama caleg mantan pelaku ektra ordinary crime lainnya.

“Yang kurang dari KPU adalah tidak mengumumkan para caleg mantan pelaku kejahatan akibat UU yang masuk kategori luar biasa lainnya, seperti narkotika, teroris, dan pelecehan seksual terhadap anak,” kata pria bersahaja yang maju sebagai Caleg DPRD DKI Jakarta Partai NasDem No.5 Dapil Jakarta 6 Jakarta Timur (Ciracas, Cipayung, Pasar Rebo dan Makasar) pada Pemilu 2019.

“Dengan adanya pengumuman KPU daftar nama caleg eks koruptor ini, pemilih dapat mengetahui rekam jejak calon wakilnya di parlemen yang akan dipilih pada tanggal 17 April 2019,” pungkasnya. Red/Um

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sambut Baik Pengumuman KPU, Paskalis A. Da Cunha: “Koruptor Tetaplah Koruptor”"