Sebelum Dilantik, Ini Harapan OC Kaligis Terhadap Ketua KPK Baru

banner 160x600
banner 468x60
Firli Bahuri

Firli Bahuri Ketua KPK terpilih periode 2019-2023

Jakarta, Sudut Pandang-Sebanyak lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 telah terpilih dan siap dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan Desember 2019 mendatang. Sejumlah harapan pun mengemuka untuk menjadikan lembaga antirasuah ini bekerja dengan baik.

Salah satunya datang dari pengacara senior Prof. OC Kaligis. Ia berharap Firli Bahuri dan kawan-kawan bersih-bersih KPK yang akan dipimpinannya selama 4 tahun.

"Semoga pimpinan KPK yang baru, Firli Bahuri cukup berani melanjutkan perjuangan Antasari membongkar korupsi KPK, sudah banyak temuan Pansus DPR mengenai korupsi, penyalahgunaan kekuasaan oleh KPK yang terblang dan bisa dipidanakan, baik tindak pidana korupsi maupun tindak pidana umum, kejahatan jabatan," harap OC Kaligis dalam keterangan pers nya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Menurut OC Kaligis, sudah sejak KPK dipimpin Antasari Azhar ditemukan dugaan korupsi internal KPK. Sayangnya, usahanya gagal melalu tuduhan rekayasa pembunuhan yang menghantarkan ke penjara. Temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai dugaan penyelewengan keuangan KPK telah disampaikan dalam Pansus DPR, namun ternyata dipeti eskan.

"Seandainya Bibit Chandra jadi dimajukan ke Pengadilan, pasti terbongkar, bahwa KPK bukan lah lembaga yang bersih, karena KPK sendiri korup. Presiden SBY yang sumpahnya taat Undang-undang, mengingkari sumpahnya dengan memberikan deponeering kepada Bibit dan Chandra. Di lain pihak, demi pencitraan, Presiden SBY membiarkan besannya dikorbankan sebagai terpidana koruptor," ungkapnya.

OC K

OC Kaligis bersama rekan di PN Jakarta Pusat/Foto: Ist

Ia menuturkan, sebagai bahan masukan bagi Firli Bahuri dapat juga diperoleh dari Lapas Sukamiskin Bandung. Di Lapas ini, banyak Bupati, Gubernur dan Pejabat Tinggi Negara termasuk Menteri karena kebijakan yang dikeluarkan dan dijalankannya, terpaksa diputus melakukan tindak pidana korupsi sekalipun BPK tidak menemukan kerugian negara.

Kendala tersulit, menurut OC Kaligis, yang akan dihadapi karena KPK menolak diawasi dan Firli Bahuri juga akan berhadapan dengan penyidik pimpinan Novel Baswedan.

"Masyarakat menunggu kepemimpinan Bapak untuk menjadika KPK bersih, tidak tebang pilih, tidak merekayasa perkara, tidak menyadap sembarangan secara melawan hukum. Pemerintahan yang bersih juga tergantung kepada Bapak berani membersihkan KPK. Mohon juga agara Bapak hentikan sumbangan keuangan kepada ICW," pungkasnya.Red/Sp

 

 

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Sebelum Dilantik, Ini Harapan OC Kaligis Terhadap Ketua KPK Baru"