Upacara HUT RI ke-74, Inilah Amanat Jaksa Agung

banner 160x600
banner 468x60
Wakil Jaksa Agung

Wakil Jaksa Agung Dr. Arminsyah, SH, M.Si menjadi inspektur upacara peringatan kemerdekaan RI di lapangan Badiklat Kejaksaan Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Jakarta, Sudut Pandang-Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tahun bukanlah sekadar merupakan sebuah ritual yang bersifat seremonial belaka, namun merupakan sebuah momen reflektif, kontemplatif, dan penegasan kembali tentang ihktiar kemerdekaan yang diproklamirkan 74 tahun lalu.

Demikian amanat Jaksa Agung RI H.M Prasetyo yang dibacakan oleh Wakil Jaksa Agung Dr. Arminsyah, SH, M.Si, selaku Inspektur Upacara Kemerdekaan di lapangan upacara Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

“Hari Kemerdekaan yang kita peringati ini sebagai sebuah kesadaran kolektif politik bangsa untuk menjadikan manusia Indonesia sepenuhnya bebas dari belenggu penjajahan dan penindasan yang sekian abad lamanya merendahkan derajat kemanusiaan,” ujar Jaksa Agung H.M Prasetyo.

Dalam perjalanannya, jelasnya, kenyataan menunjukkan bahwa mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sebenarnyalah tidak lebih ringan daripada merebutnya.

”Berbagai peristiwa yang merupakan ujian demi ujian terus dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam ikhtiar mewujudkan cita-cita besar menjadi negara maju yang mampu mengantarkan harkat dan martabat rakyatnya kepada kemakmuran yang adil dan merata, melapangkan jalan menuju Indonesia maju yang mampu menggerakkan kreatifitasnya untuk mewujudkan negara yang adil dan makmur,” katanya.

Menurut Jaksa Agung, kunci keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa yang hanya akan dapat digerakkan oleh manusia-manusia unggul, memiliki karakter, integritas, pengetahuan, kapasitas, kompetensi, dan kapabilitas serta mampu mengaktualisasikan dirinya dalam berinovasi dan berkreatifitas.

SDM Unggul

Upacara

Upacara pengibaran Bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di lapangan Badiklat Kejaksaan RI Jakarta, Sabtu (17/8/2019). 

“Segala potensi dan kekayaan yang dimiliki bangsa ini akan memberikan manfaat yang maksimal, karena diolah dan dikelola secara efektif dan efisien oleh sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dan mumpuni,” ucapnya.

“Dengan kehadiran SDM seperti itu, kita dapat lebih optimis dan lebih meneguhkan tekad, kesungguhan, dan komitmen dalam menghadapi setiap tantangan dan persoalan yang ada, terutama dalam upaya meningkatkan kapasitas daya saing bangsa didalam mengejar ketertinggalan, memposisikan diri menjadi pemain aktif, selaras arah perkembangan dunia,” tambahnya.

Sehingga, masih menurut Jaksa Agung, dapat berkontribusi positif turut memelihara, memperbaharui, dan memperkuat kembali semangat perjuangan para founding business as usual, terus menyelaraskan diri melalui ide maupun gagasan kreatif, positif, dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar berdaya guna dan mendatangkan kemanfaatan besar bagi masyarakat.

“Kita yakin dan optimis bahwa dengan ikhtiar sedemikian akan hadir institusi penegak hukum Kejaksaan yang dapat diandalkan dalam mewujudkan Indonesia maju,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, semua jajaran Korps Adhyaksa menyampaikan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendiri bangsa, para pendahulu, pelopor, dan martir syuhada. Dengan segala jerih payah pengorbanan jiwa raga dan harta yang diberikan untuk mengantarkan Indonesia kepada pintu gerbang kemerdekaan demi tegaknya NKRI.

”Doa tidak lupa kita panjatkan, agar segala amal ibadah mereka mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga pula Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kekuatan, rahmat, perlindungan, bimbingan dan ridha-Nya kepada segenap pemimpin bangsa, khususnya kepada seluruh jajaran Adhyaksa dalam memenuhi panggilan tugas dan pengabdian bagi terciptanya NKRI yang maju, berdaulat, adil, makmur, kuat, dan jaya. Dirgahayu Republik Indonesia, Sekali Merdeka Tetap Merdeka..!,” pungkasnya.Red/Sp

Email Autoresponder indonesia
author
No Response

Leave a reply "Upacara HUT RI ke-74, Inilah Amanat Jaksa Agung"